h1

Sudiro Andi Wiguno

June 1, 2008

Dari Blora Menggapai Sukses

Siapa sangka bayi yang lahir prematur 6 bulan dan sempat tidak bernapas 29 tahun silam kini menjadi anak muda yang sukses dalam hidupnya. Dialah Sudiro Andi Wiguno, yang kini menyandang berbagai jabatan penting di beberapa perusahaan jasa keuangan. Sudiro mungkin tak pernah menyangka hidupnya bakal seperti sekarang. Maklum, sebulan setelah ia lahir, ayahnya wafat. “Sejak kecil, saya terbiasa hidup susah,” katanya mengawali kisah hidupnya.

 

Sudiro kini memang jauh dari kehidupan masa kecilnya di tanah kelahirannya Blora, Jawa Tengah. Sebagai Direktur Utama PT Dayaindo Resources International Tbk–sebuah perusahaan pertambangan dan manufaktur–Chief Executive Officer Colvis Star Group Asia Ltd., Presiden Komisaris PT Naspac Future, dan Direktur Keuangan PT Marga Hanurata Intrinsic yang membangun jalan tol Mojokerto-Kertosono, kehidupan Sudiro kini terbilang sangat mapan. “Saya merintis semuanya dari nol,” ujarnya sambil memegang stik golfnya.

 

Menurut pria yang akrab disapa Sudiro itu, kesuksesannya memang tak begitu saja turun dari langit. Dia melampaui tahap-tahap hidupnya dengan penuh perjuangan. Bagi lulusan sebuah pesantren di daerah Cepu, Jawa Tengah ini, pendidikan di pesantren membuatnya semakin tahan terhadap berbagai cobaan. “Kerasnya pendidikan di sini dan disiplin yang tinggi serta tanggung jawab menjadi bekal saya bisa seperti sekarang.”

 

Bungsu dari enam bersaudara ini memutuskan hijrah ke Jakarta setelah lulus SMA. Dia ingin sekali menggapai cita-citanya sebagai pengusaha. Di Jakarta, Sudiro mengambil diplomasi akuntasi di Akademi Akuntansi Yayasan Administrasi Indonesia. Saat kuliah ia tinggal bersama seorang saudaranya. Sudiro juga memilih menyambi kerja untuk tetap bisa kuliah. Selama empat tahun, ia sempat merasakan menjadi seorang pencuci mobil salah seorang pejabat. “Saya tak surut, justru saya tambah semangat,” katanya.

 

Perubahan nasibnya mulai terlihat ketika ia mengawali pekerjaannya sebagai seorang trainer di lembaga pelatihan motivasi. Dari sini kariernya langsung melejit menjadi koordinator. Saat mulai meniti usahanya, Sudiro seperti tak mengenal waktu. Ia bekerja hingga jam 12 malam. Kalaupun sekarang berhasil, selain kerja keras, mungkin prinsipnya yang sering selektif memilih teman menjadi salah satu kunci keberhasilannya.

 

Menurut Sudiro, dia akan memilih teman pergaulan yang bisa selalu memajukan hidupnya. “Saya tak mau hidup seperti dulu,” katanya. Wajar, kata dia, kalau dia kemudian terkesan selektif. Menurut dia, itu bagus untuk kemajuan dirinya. Penggemar masakan Jawa ini mengaku prinsip hidupnya itu terinspirasi buku yang dibacanya: Teori Hierarki Kebutuhan karangan Abraham Moslow.

 

Menurut buku itu, seseorang yang ingin melangkah maju membutuhkan waktu dan perlu mencari pola bagaimana memahami diri sendiri, termasuk memahami kekurangannya. Lewat filosofi itulah berbagai prestasi sempat ia raih seperti Top National Performance dari Standard Chartered Bank of Indonesia pada akhir 2002.

 

Suami Eka Firdayani ini memang figur orang yang selalu tidak puas bekerja pada satu kantor saja. Dia ingin bekerja di banyak tempat supaya bisa dapat banyak tantangan. Bapak dua anak ini selalu menyerap ilmu dari para klien yang datang kepadanya. “Saya percaya kalau kita ingin kaya, bergaullah dengan orang kaya,” katanya. (Koran Tempo )

 

BIODATA

 

Nama: Sudiro Andi Wiguno

Tempat dan Tanggal Lahir: Blora, 28 Februari 1978

 

Pendidikan

·  2007-sekarang: Program MBA The University of Western Australia, Singapura

·  2004-2006: Program Sarjana Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Teladan, Jakarta

·  1996-1999: Program Diploma Akademi Akuntansi YAI, Jakarta

Pengalaman Kerja:

·  2007-sekarang: Direktur Utama PT Dayaindo Resources

·  International, Tbk.

·  2007-sekarang: CEO Clvis Star Group Asia, Ltd.

·  2007-sekarang: CEO PT Manhattan Capital.

·  2006-sekarang: Direktur Keuangan PT Asean Group.

·  2006-sekarang: Direktur Keuangan PT Marga Hanurata Intrinsic

·  2005-sekarang: Presiden Komisaris PT Natfac Futures

·  2005-sekarang: Preskom PT Guna Alam Indonesia

·  2004-sekarang: Associate Allen & Bryan consultant

·  2004-2006:VP Asset Management PT Natfac Asset Management Ind.

·  2004-2005:Manager Marketing PT Natfac Asset Management Ind.

·  2002-2003:Senior Premier Officer Private Banking HSBC Indonesia

·  2000-2002:Senior Officer Consumer Banking Standard Chartered Bank Indonesia

·  1996-2000:Pelatih dan Koordinator Pelatih Lembaga Pelatihan Motivasi Triasa, Jakarta

 

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: