h1

Bumida Targetkan Premi Asuransi Dokter Rp 6 Miliar

March 20, 2008

JAKARTA, Investor Daily.

PT Asuransi Umum Bumiputeramuda 1967 (Bumida) meningkatkan pemasaran produk asuransi tanggung gugat profesi dokter dengan target premi Rp 6 miliar pada 2008. Produk ini dipasarkan karena perseroan menilai bahwa dokter di Indonesia perlu memiliki asuransi untuk menjamin profesinya.

Direktur Pemasaran Bumida Joko Hananto mengatakan, proteksi melalui asuransi diperlukan untuk menjaga kinerja para dokter. Dalam waktu dekat, pihaknya berencana memasarkan asuransi profesi untuk bidan pada 2008 dan apoteker tahun 2009.

“Ini merupakan jaminan polis untuk melindungi para dokter akibat kerugian menjalankan profesi medisnya. Terkait itu, kami bekerja sama dengan pihak rumah sakit dan asosiasi dokter di Tanah Air. Saat ini baru beberapa asuransi yang menawarkan produk serupa, sedangkan Bumida mulai sejak 2005,” kata dia di sela peresmian kantor sekretariat Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) di Matraman Jakarta, Rabu (5/3).

Joko menjelaskan, pihaknya memproteksi sekitar 2.000 dokter baik umum maupun spesialis. Pada 2007, perolehan premi bisnis ini sebesar Rp 4,7 miliar. Target premi sebesar Rp 6 miliar diupayakan berasal dari divisi konvensional Rp 5 miliar, sisanya lewat syariah. Sedangkan kontribusi premi tanggung gugat profesi dokter terhadap total premi perseroan mencapai sekitar 10%.

Menurut dia, peserta terbanyak masih di wilayah dengan DKI Jakarta dan sekitarnya, yakni mencapai 50%. Perseroan memberikan manfaat berupa advokasi dan bimbingan medikolegal dalam penanganan kasus medis. Sedangkan pembayaran akumulasi klaim sejak 2005-2007 mencapai Rp 2 miliar.

Ketua Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) DKI Jakarta Azrial Azwar mengatakan, para dokter dalam profesinya telah dilengkapi dengan standar operasi prosedur guna minimalisir kesalahan. Sedangkan dengan berasuransi memberi ketenangan dan kenyamanan para dokter dalam bertugas.

“Malpraktek sampai detik ini kami kira belum ada. Tapi, karena kurangnya pemahaman masyarakat terhadap kasus-kasus yang terjadi, secara spontan mengatakan malpraktek. Sedangkan dokter memiliki standar dalam berprofesi. Kalau ada kecelakaan tentu ini faktor manusiawi. Bagaimanapun juga dokter berupaya menekan kesalahan seminim mungkin,” kata dia.

Tahun 2008, Bumida menargetkan pertumbuhan total premi sebesar Rp 291,4 miliar, tumbuh 26,51% dari realisasi 2007 Rp 230,3 miliar. Sedangkan laba bersih menjadi Rp 23,5 miliar dari Rp 18,1 miliar pada 2007.  (teh) 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: