h1

News

————————————————————————————————–

Bumida Andalkan Sehatkoe & Siagakoe

SOLO (Joglosemar): PT Asuransi Bumida Cabang Solo serius menggarap asuransi kecelakaan dan kesehatan untuk masyarakat di Surakarta. Dalam menggarap dua jenis proteksi tersebut, Bumida mengandalkan program Siagakoe untuk asuransi kecelakaan dan Sehatkoe untuk produk layanan asuransi kesehatan.

Menurut Faisal Ibrahim, Kepala Cabang PT Asuransi Bumida, potensi di Solo dan kabupaten sekitarnya masih sangat besar untuk layanan asuransi terutama kesehatan. Karena itulah, Bumida memfokuskan pada bisnis proteksi asuransi kecelakaan dan kesehatan. “Perkembangan di kawasan ini sangat bagus. Banyak individu dan perusahaan yang mulai sadar melakukan manajemen risiko dengan mengalihkan risiko ke pihak asuransi kecelakaan dan kesehatan,” ujarnya kepada Joglosemar, kemarin. (asa)

———————————————————

Bumida buka unit syariah di Solo

oleh : Fahmi Achmad

JAKARTA (Bisnis.com): PT Asuransi Bumida 1967 membuka kantor unit layanan syariah di kota Solo, sebagai salah satu strategi pengembangan bisnis secara nasional.

Faisal Ibrahim, Kepala Cabang Asuransi Bumida Solo mengatakan kantor unit layanan syariah Solo mempunyai area pemasaran meliputi kota Surakarta, Klaten, Sukoharjo, Wonogiri, Sragen, Boyolali, dan Karanganyar.

Dia menjelaskan pihaknya memiliki infrastruktur pemasaran secara nasional dengan menjalin sinergi bisnis dengan induk perusahaan AJB Bumiputera 1912.

Jaringan kantor operasional Bumiputera Group yang menjangkau hingga pelosok tanah air memuluskan rencana ekspansi guna memperbesar kapasitas bisnis asuransi syariah.

“Pembukaan kantor layanan syariah ini bersifat office channeling. Pembukaan ini merupakan tindak lanjut pengembangan bisnis secara nasional,” katanya dalam siaran pers yang diterima Bisnis, siang ini.

Menurut dia, saat ini Bumida Syariah gencar menawarkan produk proteksi asuransi kerugian yang dikelola secara non riba khususnya kepada lembaga keuangan syariah dan pengusaha muslim di kota Solo dan sekitarnya.

Faisal menjelaskan ekspansi bisnis asuransi syariah di Solo dilakukan karena komposisi penduduk muslim di kota ini merupakan mayoritas dan banyak pengusaha muslim yang sukses membangun bisnis.

“Tentunya alasan keyakinan dan ketentraman hati menjadi alasan utama bagi masyarakat muslim di kota Solo, jika aset hartanya di proteksi oleh asuransi yang dikelola secara syariah dan diawasi oleh dewan pengawas syariah (DPS),” tuturnya.

Pada tahun ini, Faisal mengungkapkan pihaknya menargetkan perolehan premi sebesar Rp460 juta.(faa)

———————————————————

Bumida Gandeng Bank Papua, dalam memberikan Kontra Garansi Bank

Jayapura.

Untuk memperluas pasar khususnya terkait produk garansi bank, sekaligus memperkecil resiko yang timbul dari penerbitan garansi tersebut, PT Asuransi Bumida 1967 Jayapura dan Bank Papua menjalin kerjasama dalam memnerikan kontra garansi bank.

“ Kerjasama ini merupakan aliansi strategis yang dilakukan PT Asuransi Bumida 1967 Jayapura dan Bank Papua sebagai bentuk kerjasama dalam membangun Papua dan Papua Barat, terutama dalam membangun infrastruktur” kata kepala cabang PT Asuransi Bumida 1967 Jayapura Ir.Faisal Ibrahim kepada Cendrawasih Post,Senin (24/3)

Menurutnya, kerjasama dalam memberikan kontra garansi bank ini memberikan kabar gembira, khususnya bagi pelaku bisnis jasa kontruksi karena kendala sulitnya mendapatkan garansi bank saat mengikuti dan melaksanakan proyek yang disebabkan keterbatasan jaminan dapat teratasi dengan adanya kontra garansi bank.

Dikatakannya, salah satu keuntungan dari penjaminan Bank Garansi adalah kontraktor dapat mengoptimalkan dana yang dimiliki nya untuk kepentingan likuditas operasional pelaksanaan proyek, dimana kontraktor hanya menjaminkan dananya sebesar 10-20 persen dari nilai jaminan kepada bank.

Dalam kerjasama kontra garansi bank ini, PT Asuransi Bumida 1967 akan menjamin garansi bank yang diterbitkan bank Papua apabila terjadi klaim pencairan dari obligee.” Kerjasama ini lebih mempermudah kontraktor melakukan bisnisnya karena mendapatkan jaminan garansi bank” ujarnya. ( api )

—————————————————————–

Asuransi Bumida kerjasama dengan Indosat Tbk Cabang Papua

6Dalam usaha meningkatkan penetrasi pasar dan meningkatkan nilai brand dan loyalitas pelanggan, pada tanggal 11 Maret 2008 bertempat di Meeting Room, lantai 2 Gedung Indosat Papua, PT Asuransi Bumida cabang Papua dan PT Indosat Tbk cabang Papua menjalin kerjasama pemasaran. Dalam kerjasama pemasaran ini khusus pelanggan Indosat Tbk ( Matrix, Mentari dan IM3) akan mendapat discont premi sebesar 10% setiap pengajuan asuransi kesehatan rawat inap ”SEHATKOE” dari PT Asuransi Bumida di kantor cabang Papua.


Dalam kerjasama ini nantinya setiap pelanggan Matrix, Mentari, IM3 di wilayah Papua akan mendapat SMS Broadcast dari Indosat berupa pemberitahuan discont premi ini. SMS Broadcast ini dikirimkan kepada pelanggan Indosat Tbk di seluruh wilayah Papua.

Menurut Head Of Papua Branch PT Indosat Tbk Papua, Tri Hardianto “ Kerjasama ini bertujuan memberikan nilai tambah kepada pelanggan Indosat Tbk ( Matrix, Mentari dan IM3 ) dan memperkokoh nilai brand produk Indosat Tbk. Kerjasama ini merupakan usaha Indosat Tbk untuk meningkatkan dan menjaga loyalitas pelanggan. Banyak program yang akan dirancang oleh Indosat untuk terus memberikan keuntungan dan nilai tambah bagi pelanggan kartu Matrix, Mentari dan IM3”. Saat ini Indosat memberikan benefit kepada pelanggan yaitu tarif murah pangggilan dan SMS termasuk sinyal kuat serta luasnya coverage jaringan.

Sedangkan menurut Kepala Cabang Bumida Papua, Faisal Ibrahim ” Bagi PT Bumida kerjasama ini bertujuan membangun kesadaran berasuransi, khususnya asuransi kesehatan kepada pelanggan Indosat di wilayah Papua. Selain itu kerjasama ini bertujuan lebih memperkenalkan brand asuransi kesehatan SEHATKOE kepada pelanggan Indosat. Produk asuransi rawat inap SEHATKOE menjamin lebih dari 60 penyakit termasuk kecelakaan dengan benefit plan Rp. 18 juta sampai dengan Rp. 180 juta per tahun. Adapun salah satu jenis penyakit yang dijamin dalam produk SEHATKOE adalah penyakit malaria dimana mempunyai resiko yang cukup tinggi terjadi di Papua. Tujuan lain kerjasama ini adalah meningkatkan penetrasi bisnis pasar asuransi retail di wilayah Papua”. Asuransi kesehatan rawat inap SEHATKOE dapat menjadi solusi mahalnya biaya kesehatan baik untuk individu maupun keluarga dengan premi terjangkau.

——————————————————————

Bumida Putera Terbitkan Surety Bond

JAYAPURA- Kepala Cabang PT. Asuransi Bumida 1967 Jayapura Ir. Faisal Ibrahim mengatakan, untuk memberikan rasa aman dari berbagai resiko yang terjadi saat tender maupun pelaksanaan proyek, PT. Asuransi Bumida 1967 Jayapura sebagai anak perusahaan Bumida Putera, menerbitkan jaminan proyek (surety bond).

Menurutnya, sejauh ini, PT. Asuransi Bumida dapat terus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan regulator. Diantaranya, komitmen manajemen dan pemegang saham merealisasikan peningkatan modal setor menjadi Rp 100 miliar, sehingga dapat menjadi kemampuan retensi resiko. Dikatakan, penerbitan jaminan proyek dimaksud diantaranya, jaminan penawaran, jaminan pelaksanaan, jaminan uang muka maupun jaminan pemeliharaan, dengan memiliki jaminan proyek, perjanjian 2 pihak yaitu, penjamin dan principal (kontraktor), penjamin memberikan jaminan untuk kontraktor bagi kepentingan pihak pemilik proyek (oblige).

Lanjut dia, apabila terjadi lalai atau gagal melaksanakan kewajiban sesuai dengan yang diperjanjikan dengan pemilik proyek, maka penjamin akan bertanggung jawab untuk menyelesaikan kewajiban kontraktor. “Penjamin akan bertanggung jawab apabila terjadi resiko,”jelasnya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu, (19/1).

Lebih jauh dijelaskannya, PT. Asuransi Bumida merupakan asuransi umum yang telah lama mendapatkan izin menerbitkan jaminan proyek oleh departemen keuangan, beberapa para meter yang ditetapkan diantaranya, Risk Base Capital minima 120 persen, permodalan, dukungan program treaty reasuransi dan kemapuan Sumber Daya Manusia.

Diungkapkannya, jaminan proyek merupakan alternatif bank garansi, dimana bank garansi mensyaratkan menyetor sejumlah yang tertentu sebagai jaminan pada bank bersangkutan. “Ini tentunya memberatkan kontraktor karena uang yang di setorkan itu sebenarnya dapat digunakan untuk modal usaha lainnya,”katanya.

Hal seperti itu dapat dihindari apabila jaminan proyek diterbitkan oleh asuransi umum yang pada dasarnya tidak ada agunan (Colleteral) tapi pada spesial case tertentu asuransi umum meminta agunan kepada kontraktor/pengusaha untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan bersama. “Disini perusahaan asuransi dan kontraktor membuat perjanjian ganti rugi,”pungkasnya.(api)

———————————————————————–

Asuransi Bumida bantu buku tulis di SD Kleublouw Sentani Jayapura


4

Jayapura.Dalam memperingati HUT Kemerdekaan RI ke 62, Asuransi Bumida Perwakilan Jayapura pada hari Selasa tanggal 14 Agustus 2007 memberikan bantuan buku tulis untuk siswa-siswi SD Inpres Kleublouw di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura.

Menurut Kepala Perwakilan Papua Faisal Ibrahim ”Pemberian bantuan ini merupakan wujud tanggung jawab sosial PT Asuransi Bumida terhadap pentingnya pendidikan bagi seseorang dalam mengentaskan keterbelakangan pengetahuan dan kemiskinan. Dengan pendidikan yang baik, diharapkan seseorang mampu merubah sikap serta perilaku dalam usaha meningkatkan kualitas hidup.

Selain itu perlu dipahami bahwa pendidikan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi merupakan tanggung jawab bersama termasuk Asuransi Bumida sebagai salah satu entitas bisnis.


Asuransi Bumida memperingati HUT RI ke 62 memang tidak dirayakan dengan membuat lomba olah raga dan sejenisnya. Peringatan HUT Kemerdekaan RI dimaknai dengan memberikan bantuan kepada siswa SD Inpres Kleublouw di Distrik Sentani Timur Kabupaten Jayapura berupa buku tulis sebanyak 130 paket .

Moment pemberian bantuan buku tulis ini juga bertepatan dengan tahun ajaran baru, dimana diketahui bersama bahwa pada tahun ajaran baru orang tua siswa banyak mengeluarkan biaya kebutuhan dan perlengkapan sekolah anaknya. Mudah-mudahan bantuan buku tulis ini dapat sedikit meringkan beban biaya orang tua siswa SD Inpres Kleublouw. Menurut Kepala Sekolah Kepala Sekolah SD Inpres Kleublouw Bpk Cristian Ansaka Spd mayoritas orang tua siswa/i berprofesi sebagai nelayan dan petani.

—————————————————————–

Bumida Berhasil Raih Premi Income Rp 721,8 Juta

March 20, 2008

JAYAPURA-Kinerja PT Asuransi Bumiputeramuda (Bumida) Cabang Papua terus menunjukkan perkembangan. Menurut Kepala Cabang PT Asuransi Bumiputeramuda Jayapura, Faisal Ibrahim, sampai akhir semester I 2007 ini, pihaknya berhasil meraih premi income sebesar Rp 721,824 juta.

“Selama Januari-Juni 2007, kami berhasil mengumpulkan premi sebesar Rp 721,824 juta atau tercapai sebesar 108,57 persen dari target yang kami rencanakan sebesar Rp 665 juta selama 1 semester atau Rp 1,5 miliar dari target sampai akhir tahun ini,” ungkap Faisal ketika ditemui Cenderawasih Pos, Rabu (25/7). Menurutnya, jika dibandingkan dengan 2006 lalu, perolehan premi income ini mengalami peningkatan sebesar 248,88 persen. Peningkatan pendapatan premi ini menunjukkan semakin dipercayanya PT Asuransi Bumiputeramuda sebagai lembaga penjamin resiko dan semakin sadarnya masyarakat Papa baik itu individu, swasta maaupun pemerintah akan pentingnya pengelolaan resiko (risk management) yaitu memindahkan resiko ke perusahaan asuransi (risk transfer).

Sementara itu, lanjut Faisal, untuk realisasi pembayaran klaim selama periode semester I 2007 ini, Asuransi Bumida telah merealisasikan pembayaran klaim sebesar Rp 18,470 juta kepada tertanggung yang mengajukan klaim.

Secara rinci Faisal menyebutkan, pembayaran klaim ini terdiri dari kendaraan bermotor sebesar Rp 14,318 juta dan asuransi kesehatan sebesar Rp 3,752 juta, sedangkan berdasarkan jumlah tertanggung yang mengajukan klaim berjumlah 5 nasabah. Dari jumlah tersebut, yang sudah terbayarkan berjumlah 4 nasabah, sedangkan 1 berkas klaim asuransi kecelakaan diri belum dibayarkan karena masih menunggu kelengkapan berkas dari tertanggung yaitu petugas pemadam kebakaran Provinsi Papua. Bila berkas telah lengkap secepatnya akan dilakukan pembayaran.

“Kecilnya pembayaran klaim ini lebih disebabkan Asuransi Bumida tidak terlalu agresif menjual asuransi kendaraan bermotor. Hal ini didasarkan analisa bahwa asuransi kendaraan saat ini persaingannya sangat ketat dan tarif yang dijual dipasar sudah rendah,” paparnya.

Faisal mengatakan, saat ini Asuransi Bumida fokus menggarap pasar retail atau individu seperti asuransi rumah, ruko dan lainnya, serta fokus pada korporasi khususnya kerja sama dengan lembaga perbankan dan surety bond (jaminan proyek). Pihak perbankan yang telah mempercayakan proteksi agunan dan asetnya kepada Bumida seperti Bank Mandiri, Bank Papua dan BPR Irian Sentosa. Khusus Bank Mandiri, Asuransi Bumida masuk dalam kategori A, dimana Bumida dinilai mampu memproteksi resiko untuk semua limit kredit oleh credit risk & police Group Bank Mandiri. “Khusus perbankan ini, kami menyediakan petugas khusus (account officer) yang bertugas membantu petugas bank melakukan analisa resiko di lapangan,” ujarnya.(bat)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: